Jurnalistik Online



JURNALISTIK ONLINE OLEH KHAIRUL AKMALMenurut pemahaman saya, secara singkat, jurnalistik online adalah kegiatan jurnalistik yang dilakukan melalui media online. Secara luas, jurnalistik online adalah kegiatan menyiapkan, mencari, mengumpulkan dan mengolah, serta menyajikan dan memperluas berita kepada khalayak melalui media online.

Jurnalistik online merupakan generasi baru jurnalistik setelah jurnalistik konvensional seperti jurnalistik media cetak, yaitu surat kabar, dan jurnalistik penyiaran atau broadcast jurnalism seperti radio dan televisi. Ada banyak istilah dalam jurnalistik online yaitu online atau konektivitas untuk mengakses informasi dimanapun atau kapanpun selama terhubung dengan internet, internet atau jaringan antarkoneksi/ sistem jaringanan komputer yang saling berhubungan, dan website atau halaman yang mengandung konten media seperti teks/ gambar/ audio/ video. 

Jurnalistik online adalah proses penyampaian informasi melalui media internet, utamanya website.

Prinsip jurnalistik online menurut Paul Bradshaw, ada lima prinsip dalam jurnalistik online, yang disingkat B-A-S-I-C. Yaitu Brevity atau keringkasan, Adaptabilty atau kemampuan beradaptasi, Scannability atau dapat dipindai, Interactivity atau interaktivitas, Community and Conversation atau komunitas dan percakapan.

Karakteristik jurnalistik online yang berbeda dibanding dengan media konvensional menurut Mike Ward dalam Journalism Online adalah Immediacy, Multiple Pagination, Multimedia, Flexibility Delivery Platform, Archieving, dan Relationship with reader. Menurut James C. Foust, karakteristik jurnalistik online dibagi atas Audience Control, Nonlienarity, Storage and Retrieval, Unlimited Space, Immediacy, Multimedia Capability, Interactivity.

Sifat jurnalistik online yang multimedia menjadikannya jurnalistik masa depan. Dengan jurnalistik online, berita dan informasi dapat disajikan secara cepat dan mudah. Masyarakat zaman sekarang tidak lepas dari yang namanya internet. Karena internet sudah menjadi bagian hidup masyarakat pada zaman ini.



Referensi: Asep S.M. Romli, 2012, Jurnalistik Online

Related Post



Post a Comment